Workshop Ngobrol & Diskusi Desain Visual Buku

Sebenarnya workshop yang terwujud dari kerjasama antara ASRD MSD Yogyakarta dan Penerbit Bentang Pustaka ini sudah berlangsung lebih dari sebulan yang lalu, 11 April 2016 lalu tepatnya. Tapi baru sempat saya share kali ini. Dalam kesempatan ini Tim Desain Bentang Pustaka berbagi pengalaman mereka dalam dunia desain buku. Workshop pun dipenuhi puluhan mahasiswa MSD yang “memendam” rasa ingin tahu mereka tentang dunia desain buku. Workshop ini mengulik sekilas tentang pentingnya desain cover/kaver dan isi sebuah buku bagi dunia penerbitan, dan proses kreatif di baliknya.

Tidak hanya Tim Desain Bentang Pustaka saja yang mengisi sesi creative sharing-nya, tapi juga desainer grafis di balik buku-buku karya Dee Lestari, mas Fahmi Ilmansyah. Tak tanggung-tanggung, mas Fahmi berbagi proses kreatifnya dalam 15 tahun mendesain kaver serial Supernova, dari riset ke studio tato hingga membuat kolase untuk mendapatkan wangsit atau ide dalam mendesain kaver. Semua itu dilakukan untuk menghasilkan desain kaver yang memuaskan.

Singkat kata, Menentukan desain buku merupakan proses yang kompleks, dimana desain kaver buku, desain dan layout isi buku harus seirama dengan inti buku itu sendiri. Desain kaver buku pun turut berperan penting dalam penjualan buku. Dan tak lupa, profesi desainer kaver buku menjadi wacana baru bagi para mahasiswa DKV, yaitu suatu profesi yang unik, penuh tantangan dan cukup menjanjikan.

0 468
Wirastuti

A freelance graphic designer from Yogyakarta, Indonesia.

Leave a Reply